Apa yah bedanya Storyboard dan Moodboard?

Terkadang ketika sudah mendekati deadline dengan client dan bahan presentasi harus bisa divisualisasikan untuk client, materi apa yang bisa client bayangkan konsep kita?

Ada dua jenis yatu storyboard dan moodboard, sebenernya malah ada tiga jenis agar client bisa membayangkan konsep kita. yang terakhir adalah storyline.

Nah di dunia kreatif seperti media, production house, agency maupun advertiser sudah menjadi santapan sehari hari dengan kata storyboard, moodboard dan storyline. menurut aku sebagai praktisi dimedia audio video yang masih nubie ketiga kata tersebut adalah penjelasan untuk tahapan pre produksi, produksi dan post produksi.

storyboard TVC Sunlight

Storyboard merupakan susunan atau urutan gambar yang sudah sesuai dengan pengambilan gambar atau treatment shot dari seorang director yang disepakati bersama yaitu antara client dan advertiser. tingkat kesulitan dari storyboard terletak dari gambar yang dibuat oleh ahli gambar yang sesuai diinginkan director.

Moodboard TVC Grc Board

Moodboard adalah kumpulan gambar gambar yang di susun menjadi urutan adegan agar bisa memvisualisasikan berdasarkan konsep cerita. tingkat kesulitannya adalah mencari gambar dari stock free image (mba google) yang sesuai dengan adegan cerita dan ini akan di gabungkan dengan narasi atau voiceover atau script disetiap adegan.

Storyline Filler Nouvo

yang terakhir yaitu Storyline, ini merupakan jenis dari script yang gambarkan melalui berbagai adegan disini sudah dijelaskan bagian audio untuk voiceover atau backsound dan bagian video untuk memvisualisakan adegan akan terjadi. tingkat kesulitanya dari storyline yaitu membayangkan tanpa gambar dibagian audio dan video.

begitulah kira kira menurut sudut pandang aku, bagaimana menurut kamu…Jadi mana yang kamu suka untuk mempresentasikan ke client storyboard, moodboard atau storyline?

Author: infomercial40

audio video production in commercial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *